RSS

Kamis, 29 November 2012

Latte Art - Seni Penyajian Kopi

Latte adalah susu dalam bahasa Italia. Di negara-negara berbahasa Inggris biasanya latte mengacu pada beberapa tipe hidangan kopi yang dibuat dengan menambahkan susu panas. Dalam bahasa Italia hidangan ini dikenal sebagai "caffè e latte" (biasa disebut "caffelatte"), secara harfiah berarti "kopi dan susu", biasa juga dianalogikan dengan kopi Perancis "café au lait" dan latte macchiato yang sangat mirip (tetapi tidak sama!).

Menurut istilah yang digunakan di USA sejak kira-kira tahun 1985, latte disajikan secara proposional sepertiga espresso dan dua pertiga susu steam. Jadi, dengan demikian kopi latte mengandung lebih banyak susu dibanding kopi cappuccino, selain itu latte juga lebih lembut dan susu lebih terasa. Latte juga harus disiapkan dengan cara menuangkan kopi dan susu secara bersamaan, dari sisi manapun wadah minuman.

Evolusi dari istilah ini merupakan hal yang relatif baru dan mungkin berasal dari menyebarnya “kegilaan” akan kopi pada tahun 1980 yang meluas ke seantero USA (dan juga diluar USA) melalui pertumbuhan jaringan Starbucks yang berasal dari Seattle. Beberapa cafe menciptakan desain-desain unik bentuk buih susu latte.
Tapi ingatlah selalu, jika memesan secangkir "latte" di sebuah café Italia hal itu akan membuat seorang barista menghidangkan segelas susu kepada anda.

Di sisi lain dunia (sebagai contoh, Australia) latte biasanya dihidangkan dalam gelas, yang disajikan di atas alas piring kecil disertai sebuah serbet yang dapat digunakan untuk memegang gelas itu (yang sering kali panas). Sebagian barista akan memanaskan susu pada suhu  65-70 C, diatas temperatur tersebut, susu akan berubah rasanya. Hidangan-hidangan ini pada umumnya dibuat dengan menggunakan 30 ml espresso shot dan dengan topping buih maupun susu.

Di Selandia Baru latte bahkan biasa dihidangkan dalam sebuah mangkuk di banyak kedai kopi.

Susu dalam latte dihidangkan "berbuih", dan kadang-kadang bentuknya dihias. Latte dapat dilayani secara wet atau dry. Wet berarti tidak berbuih sedangkan dry berarti lebih banyak buih.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

SMS GRATIS

Widget SMS Gratis