RSS

Kamis, 29 November 2012

Mengenal Kopi Espresso

Nama espresso berasal dari Italia. Espresso pertama kali ditemukan sekitar tahun 1900an, yang dengan terjemahan bebas espresso berarti secangkir kopi yang disajikan secara cepat. Dewasa ini, sering kali ditemukan orang-orang salah melafalkan atau mengejanya menjadi "expresso".

Espresso bisa menjadi sangat membingungan. Apakah hal itu merupakan konsentrat kafein yang pahit? Dari mana itu berasal? Dapatkah kita menambahkan pemanis? Apakah buih yang seperti krim di atasnya itu? Bagaimana seharusnya kita meminumnya?

Apakah espresso itu berasal dari biji kopi?
Tidak. Pemasaran yang tidak tepat dan getok tular yang salah memberi kesan pada banyak orang bahwa jenis biji kopi menentukan apakah itu termasuk espresso atau tidak. Ini tidaklah benar. Setiap jenis biji kopi dapat digunakan untuk membuat kopi espresso yang baik.

Apakah espresso itu berasal dari  teknik blending?
Tidak. Meski ada blending yang dirancang khusus untuk espresso, blending tidak membuatnya menjadi espresso. Pencarian teknik blending yang sempurna untuk membuat espresso menciptakan kesalah-pahaman yang umum ini. Beberapa perusahaan pemanggang bahkan berargumen bahwa anda hanya dapat membuat espresso yang baik dengan blending yang benar.

Apakah espresso itu berasal dari teknik roasting?
Tidak. Pemikiran populer akan membuat anda percaya bahwa espresso harus di-roasting dengan sangat berat; bagaimanapun teknik dan derajat roasting kopi untuk espresso bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Di California, kita hampir bisa dipastikan akan menemukan biji yang di-roasting berat. Di pantai timur dari USA, roasting ringan lebih disukai. Dan di utara Italia, medium roasting secara umum digunakan. Setiap tingkat roasting dapat digunakan untuk espresso yang baik. Itu semata-mata masalah selera.

Apakah semua mesin espresso benar-benar mesin espresso? 

Tidak. Ada mesin yang dilabeli "mesin espresso" tetapi bukan mesin espresso yang sesungguhnya. Mesin-mesin ini secara umum merupakan mesin elektris style "moka" yang cara kerjanya berdasarkan pada tekanan uap untuk menekan air melalui bubuk kopi. Tekanan uap hanya mampu menghasilkan sampai tekanan 1,5 BAR atau 50 PSI. Sebuah mesin espresso yang benar harus menghasilkan tekanan minimum 9 BAR atau 135 PSI untuk menekan air melalui suatu hamparan bubuk kopi yang halus dan padat.

Maka, apakah espresso itu?
Espresso kopi jumlahnya sedikit, 1 sampai 2 oz. Semprotan dari kopi press berasal dari 6,5 sampai 7,5 gram (sekitar 1 sendok makan) kopi bubuk halus. Lama menyeduh kopi sekitar  25 sampai 30 detik. Jika dibuat dengan baik, espresso akan menampilkan lapisan krim gelap keemasan, yang disebut crema di bagian atasnya. Crema ini adalah indikator mutu espresso. Membuat espresso yang besar merupakan sebuah seni selain sebagai ilmu pasti.

Meminum espresso juga merupakan seni. Di cafe-cafe Italia, anda akan melihat penikmatnya  menghirup bau harum espresso sambil memegang cangkir dan cawan, lalu meminum seluruh hidangan dalam 3 atau 4 tegukan cepat. Ritual selesai dengan cepat tetapi dengan lemah-lembut meletakkan kembali cangkir kembali ke cawan.

Menambahkan gula ke dalam espresso merupakan praktek yang dapat diterima di Italia, dan bukan sebuah perkara memalukan bila menambahkan gula pada hidangan itu. Tetapi untuk espresso yang benar-benar baik merupakan sebuah kenikmatan bila meminumnya tanpa bahan tambahan. Dengan demikian anda bisa mencicipi dan menghargai esensi dari espresso dengan lebih lengkap.

Mesin espresso
Luigi Bezzera mematenkan mesin espresso yang pertama pada tahun 1901. Ia menyebut ciptaannya, Tipo Gigante. Pada tahun 1905, Desidero Pavoni membeli hak paten Bezzera dan memasarkannya dengan nama Pavoni Ideale. Mesin generasi awal ini pada dasarnya lebih mirip alat penyeduh kopi style “moka”.

Mesin Espresso modern memulai debutnya pada tahun 1947, ketika Gaggia hadir dengan mesin Crema Caffe. Inilah mesin espresso pertama yang baik dan secara konsisten mampu menghasilkan tekanan tinggi yang dibutuhkan untuk membuat espresso. Gaggia Crema Caffe ideal untuk penggunaan komersil karena kemudahan penggunaan dan harganya yang terjangkau. Kultur espresso Italia benar-benar dilahirkan di saat itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

SMS GRATIS

Widget SMS Gratis